Destinasi Wisata Alam di Toraja yang Berjuluk Negeri di Atas Awan

Destinasi Wisata Alam di Toraja yang Berjuluk Negeri di Atas Awan

Destinasi Wisata Alam di Toraja yang Berjuluk Negeri di Atas Awan – Tongkonan Lempe disebut sebagai negeri di atas awan di Toraja oleh Presiden Joko Widodo. Hal ini disampaikan terhadap pembukaan Bandara Toraja di Mengkendek, Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Menariknya, wisata negeri fiksi ini juga pernah di kunjungi oleh almarhum ibunda Jokowi yang bernama Sujiatmi Notomiharjo terhadap th. 2016. Untuk mengerti hal-hal menarik yang memikat hati banyak orang di Toraja, liat penjelasan di bawah ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Tongkonan Lempe

Asal-usul Penamaan

Yunus Payung Allo, seorang pengelola di Lempe Lolai menyebutkan bahwa bukitnya di namai Lempe karena kata Lempe bermakna lihat ke bawah. Konon, tersedia orang sakti yang bernama Polo Padang.

Ia terbang hingga di atas puncak Lolai atau Tongkonan Lempe. Tepat di atas puncak, ia berhenti dan lihat ke bawah. Terdapat dataran rata di bawah dan ia bermaksud mengakibatkan pasar yang kini di kenal sebagai Pasar Polo pAdang.

Kemudian, ia menoleh ke arah kiri dan kanan sambil berkata dalam batinnya “Bukit ini bakal aku beri nama Lempe”. Beratus-ratus th. lalu, leluhur dari keluarga besar Yunus menikah dan menghuni di bukit ini.

Dari hasil pernikahannya itulah, ia mempunyai 6 anak. Namun, setelah dewasa, kelima anak selanjutnya berubah daerah karena udah berkeluarga.

Sejarah Pengembangaan Wisata

Perlu di ketahui bahwa kawasan wisata Tongkonan Lempe merupakan sebuah bukit yang terletak di ketinggian 1.300 mdpl. Wisata ini terhitung kawasan Lembang Kapala Pitu, Toraja Utara, Sulawesi Selatan yang kini di kenal sebagai Negeri di Atas Awan.

Wisata ini udah kondang sejak th. 2015 yang lalu karena tersedia rombongan fotografer yang mengunjungi kawasan tanpa di jadwalkan. Pada awalnya, mereka hendak berangkat ke Pangala, Kecamatan Rindingallo yang kira-kira 1 jam dari Lolai.

Akan tetapi, karena hari udah malam, mereka memutuskan untuk menginap di rumah Antoni Toba yang merupakan salah satu warga setempat. Begitu mentari menampakkan rupanya, bumi yang menerangi bukit mengakibatkan mereka terkesima.

Dengan ada pemandangan indah yang luar biasa menakjubkan, mereka selanjutnya beranjak ke wilayah tersebut. Setibanya di wisata, tersedia banyak hal menarik di sini seperti proses pemotongan tiang rumah kebiasaan ini menjadi 12 m lebih pendek.

Baca Juga: Hutan Pinus Asri di Bantul Pesonanya Mirip Hutan Pacific Northwest

Kawasan Rumah Warga

Panoramanya pun tidak perlu dipertanyakan ulang karena ada pemandangan langit dan pepohonan yang terlampau indah. Perlu di ketahui bahwa wisata ini di kelola oleh Yayasan Lempe Lolai.

Beragam Spot Foto

Soal spot foto, Tongkonan Lempe sebenarnya juaranya. Pengunjung bisa menjumpai objek menarik yang cocok di jadikan sebagai latar belakang foto. Mulai dari rumah adat, pepohonan, gapura, hingga sayap.

Alamat, Rute Lokasi dan Tiket Masuk

Ingin menggunakan saat liburan di Negeri di Atas Awan? Anda bisa mengunjungi Benteng Mamullu, Kec. Kapala Pitu, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Dari pusat Kota Rantepao, jarak perjalanan yang di perlukan kira-kira 11 km.

Dengan kendaraan motor, anda perlu menempuh perjalanan sepanjang kurang lebih 20 menit saja. Namun jika dengan mobil, saat perjalanan yang di perlukan kira-kira 40 menit. Perlu di ketahui bahwa kadang kala arah GPS dari Google Maps kurang tepat.

Jika dari Makassar, anda bisa memanfaatkan pesawat menuju Bandara Toraja. Setelah itu, dengan kendaraan Damri, anda bisa menuju Art Center. Sesampainya di Art Center, naik ojek atau angkot untuk menuju ke kawasan wisata Tongkonan Lempe ini.

Menikmati pemandangan Negeri di Atas Awan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya karena hanya tiketnya terlampau terjangkau. Hanya dengan Rp 15.00 per orang, anda bisa menjepret banyak foto dan menikmati saat liburan di atas bukit.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan

1. Menikmati Keindahan Alam

Sesampainya di Tongkonan Lempe Toraja ini, anda bakal di buat terpesona dengan keindahan alam lewat pemandangan gunung dan pepohonan yang dilapisi awan putih tebal. Apalagi, jika matahari terbit dari ufuk timur, anda bakal seperti berada di negeri dongeng.

Selain itu, tersedia juga banyak pepohonan yang memenuhi kawasan ini. Ketinggian yang kurang lebih 1.300 mdpl mengakibatkan kondisi menjadi dingin dan sejuk. Maka dari itu, wisata alam menakjubkan ini cocok dikunjungi untuk melepas letih dari hiruk pikuk perkotaan.

2. Menyesap Kopi Toraja di Sekitar Tongkonan Lempe

Di tengah hawa sejuk dan dingin, bakal jadi nikmat jika menikmati segelas kopi panas Toraja. Hal ini biasa di kerjakan untuk menikmati pemandangan dari Tongkonan Lempe. Anda bisa mengunjungi warung makanan yang menyuguhkan kopi toraja.

Harganya pun murah yakni Rp 5.000 dan anda bisa merasakan kehangatan di kerongkongan. Anda juga dapat memadukannya dengan makanan berat yang di suguhkan.

3. Staycation

Ingin menikmati kondisi Tongkonan Lempe Toraja seharian penuh? Staycation ialah jawabannya. Hal ini cocok di kerjakan dengan rombongan wisata kawan dan keluarga. Harga penginapannya pun bervariasi cocok daya tampung dan fasilitas.

Anda bisa memilih di antaranya cocok kebutuhan, kebolehan dan kenyamanan. Adapun resor kayu yakni Rp 250.000 per malam dan tersedia juga yang seharga Rp 350.000 per malam. Lokasinya berada di bawah daerah penjualan tiket masuk.

Jika anda mengidamkan tinggal di resor permanen, harga yang dikenakan yakni Rp 500.000 dan Rp 1.000.000. kawasannya yang berada di atas supaya anda dapat lihat pemandangan alam dari ketinggian langsung.

4. Berkemah

Jika anda mengidamkan berhemat dan bermalam disini, camping ialah pilihan yang sempurna. Anda perlu membawa perlengkapan tenda sendiri dan mendirikannya di camping ground yang tersedia secara gratis.

Namun, jika tidak bawa, anda bisa menyewanya di warga kira-kira dengan harga jadi dari Rp 80 ribu hingga dengan Rp 150 ribu cocok tipe dan ukuran tenda. Saat jalankan kesibukan seru, jangan lewatkan saat anda dengan berfoto sepuasnya.

Fasilitas Wisata yang Tersedia

Seperti yang di ketahui bahwa kawasan wisata Tongkonan Lempe udah di tambah dengan sejumlah fasilitas supaya pengunjung jadi nyaman saat berlibur. Salah satunya yakni lahan parkir yang lumayan luas supaya dapat menampung banyak kendaraan sekaligus.

Biaya parkir motornya sebesar Rp 5 ribu dan Rp 10 ribu untuk mobil. Mushola juga bisa di jumpai di sini supaya anda tidak perlu bingung ulang untuk beribadah sholat.

Berbagai tipe penginapan siap digunakan dan tersedia dalam harga yang variatif jadi dari Rp 250 ribu hingga Rp 1 juta.

Camping ground terlampau berfaedah supaya para pengunjung yang berkemah tidak perlu melacak daerah mendirikan tenda. Anda juga bisa mengunjungi restoran dan warung makanan untuk mengenyangkan perut.

Tongkonan Lempe menyajikan bervariasi keindahan jadi dari pemandangan alam, rumah tradisional, sajian kuliner, hingga kisahnya yang menarik dipelajari. Tidak heran jika ayah Presiden Indonesia terlampau mengaguminya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *