Gunung Berapi di Tojo Una-Una, Ada Danau Dipuncaknya

Gunung Berapi di Tojo Una-Una, Ada Danau Dipuncaknya

Gunung Berapi di Tojo Una-Una, Ada Danau Dipuncaknya – Gunung Colo merupakan gunung berapi kerucut yang punya status aktif di Pulau Una-Una, Sulawesi Tengah. Tingginya cuma sekitar 486 meter di atas permukaan laut, supaya tidak terlampau susah untuk didaki.

Apabila kamu masih pemula dan inginkan mencoba mendaki gunung, coba ajak keluarga atau kawan untuk mendaki kemari kala liburan tiba.

Pastinya perjalanan wisata akan mulai menyenangkan. Aplagi Pesona gunung ini sebenarnya menakjubkan dengan keindahan alamnya yang mempesona.

Sejarah Gunung Colo

Sepertinya tidak cukup afdol apabila tidak mengulas bagaimana histori gunung ini. Sebab dahulu gunung berikut dulu meletus dan jadi histori geologi Sulawesi yang terlampau penting.

Peristiwa letusan gunung di Pulau Una-Una pada 23 Juli 1983, telah meninggalkan bekas yang tidak terlupakan di hati penduduk lokal. Letusan yang luar biasa dahsyat berikut membuat dua pertiga dari Pulau Una-Una dilanda kebakaran akibat erupsi.

Lebih jauh, awan panas dan abu yang meraih ketinggian 15.000 meter hingga ke Pulau Laut, yang terdapat di tenggara Kalimantan, dengan jarak sekitar 900 kilometer, berarti skala besar dari letusan tersebut.

Bisa dibayangkan bukan bagaimana dahsyatnya? Tidak heran jika Pulau Una-Una kala itu hampir 90 % tertutupi oleh abu setebal 2-6 meter.

Hanya tersisa jalan sempit di bagian timur pulau yang tidak hancur, kala rumah-rumah penduduk, hewan-hewan, tanaman, dan karang dekat pantai musnah dikarenakan momen ini. Beruntungnya, sekitar 7.000 penduduk sukses dievakuasi dari pulau.

Sampai sekarang, wisata Gunung Colo masih berstatus aktif. Namun saat ini telah jadi obyek wisata yang digemari banyak orang, lebih-lebih para pengagum alam yang bahagia mendaki.

Daya Tarik yang Dimiliki Gunung Colo

1. Termasuk Kawasan Taman Nasional

Gunung yang paling akhir kali meletus pada tahun 1983 ini terhitung ke dalam kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean. Taman nasional yang diresmikan tahun 2004 ini terdapat di Teluk Tomini dan secara administratif berada di Kabupaten Toko Una-Una.

Menurut para peneliti, kawasan taman nasional berikut punya kekayaan alam yang melimpah. Kepulauan Togean dan Banggai jadi titik kunci dalam ekosistem terumbu karang Coral Triangle, yang mutlak secara ekologis.

Yakni meliputi lokasi Indonesia, Malaysia, Filipina, Papua Nugini, Australia, dan Jepang. Di kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean ini juga banyak perihal menarik bisa kamu temukan.

Selain mendaki Gunung Colo Tojo Una-Una ini, kamu bisa snorkeling dan diving di Pulau Kadidiri, menjelajah hutan alami di Pulau Malenge, memancing, serta mendatangi pemukiman orang Bajo yang ada di Kabalutan.

2. Berdiri Sendiri di Tengah Teluk Tomini

Ada panorama unik dari gunung berapi setinggi 486 mdpl ini. Pasalnya gunung berikut cuma berdiri sendiri di sedang Teluk Tomini, tidak diikuti ada kemunculan kronologis gunung api lainnya.

Pemandangan berikut pasti tidak sama dengan jalan gunung api di Indonesia yang menerus seperti di Pulau Sumatra, NTB, NTT, lalu ke Sulawesi Utara. Keunikannya ini membuat para pengamat penasaran bagaimana pembentukan kantong magma yang menyuplai gunung.

Misteri yang menyelimuti asal-usul magma di Gunung Colo selalu jadi teka-teki yang belum terlewati hingga hari ini. Meskipun ada yang berpikiran bahwa pembentukannya berhubungan dengan sebagian lempeng mikro di bagian barat Pulau Una-Una.

3. Danau di Puncak Gunung

Ketika meraih puncak gunung, kamu bisa menemukan sebuah danau yang begitu cantik. Danau ini terbentuk dari letusan gunung yang dulu dulu terjadi. Di sekitarnya di penuhi rerumputan hijau dan hutan yang asri supaya terlampau memanjakan mata.

Lelah sepanjang perjalanan mendaki akan langsung terbayar dengan membersihkan muka memanfaatkan air danau yang begitu segar. Apalagi panorama di sini begitu ijo royo-royo, terlampau terlampau memanjakan mata.

Baca Juga: Destinasi Wisata Alam di Toraja yang Berjuluk Negeri di Atas Awan

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Gunung

Kawasan wisata Gunung Colo adalah bagian integral dari Taman Nasional Kepulauan Togean, meningkatkan kekayaan alam kawasan tersebut.

Tepatnya ada di Pulau Una-Una, Kabupaten Tojo Una-Una, Provinsi Sulawesi Tengah. Jarak dari Palu ke Tojo Una-Una yaitu sekitar 186 kilometer.

Satu-satunya bandara terdekat yaitu Bandar Udara Tanjung Api yang ada di Ampana. Dari Ampana nantinya perjalanan dapat di lanjutkan dengan jalan laut lewat Wakai.

Umumnya jadwal keberangkatan dari Wakai ke Pulau Una-Una cuma ada di hari Selasa, Jumat, dan Minggu.

Keberangkatan kapal pagi sekitar 7-8 WITA dengan estimasi perjalanan sekitar 3 jam untuk hingga ke Pulau Una-Una. Berikutnya di lanjutkan dengan perjalanan jalan darat menuju gunung, kemudian kamu bisa mendaki hingga ke puncak.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Harga tiket masuk Gunung Colo Tojo Una-Una ini yaitu sekitar Rp. 10.000. Namun ini cuma biaya mendaki hingga ke puncak gunung.

Jika kamu wisatawan dari luar daerah, pasti mesti buat persiapan budget untuk perjalanan hawa menuju Ampana dan perjalanan laut dari Wakai ke Pulau Una-Una. Untuk biaya perjalanan berikut terlampau bervariasi, bergantung juga pada kala kamu berkunjung.

Karena kebanyakan harga pesawat dan kapal akan lebih mahal di musim liburan. Tapi biaya kapal dari Wakai ke Pulau Una-Una kebanyakan relatif masih terjangkau, sekitar Rp. 35.000 saja.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan

Mendaki Gunung Colo

Tujuan utama singgah kemari sudah pasti adalah mendaki gunung. Jadi jangan hingga kamu berhenti di kaki atau lerengnya saja. Pastikan kamu hingga ke puncak untuk lihat danau cantik yang di sekitarnya dipenuhi hamparan rumput hijau.

Karena Gunung Colo Tojo Una-Una punya ketinggian sekitar 486 mdpl, maka estimasi perjalanan menuju puncak bisa saja memerlukan kala tidak cukup lebih 2-3 jam.

Ini sesuai untuk para pendaki pemula, apalagi sepanjang perjalanan kamu akan melewati hutan penuh pepohonan yang menyegarkan mata.

Selain itu, semua penat nantinya akan terbayar lunas sesudah hingga di puncak. Keindahan Pulau Una-Una bisa muncul dengan jelas dari atas puncak gunung. Sisa-sisa letusan dari gunung di sekitarnya meningkatkan keunikan lanskap alam di lokasi ini.

Eksplor Pinggiran Pulau Una-Una

Selain mendaki gunung, kamu juga dapat merasakan keseruan dengan eksplor pinggiran Pulau Una-Una. Pulau ini punya pantai dengan hamparan pasir berwarna putih yang terlampau lembut.

Pantai dengan pasirnya yang memukau berpadu prima dengan air laut yang berwarna biru kristal dan terlampau jernih. Menariknya lagi, biota laut yang ada di sini begitu kaya.

Sehingga kamu mesti mencoba snorkeling dan menyelam untuk melihatnya secara langsung. Melihat panorama luar biasa seperti ini di pastikan akan jadi pengalaman yang tidak terlupakan.

Wisata Kuliner

Puas mengeksplor Pulau Una-Una dan mendaki Gunung Colo, kamu bisa isi tenaga lagi dengan berwisata kuliner. Tojo Una-Una punya sebagian makanan khas yang mesti kamu coba sepanjang di sini.

Salah satunya yaitu sinole, berwujud sagu yang di olah dengan campuran parutan kelapa. Sinole ini kebanyakan di sediakan bersama dengan sambal dabu-dabu dan ikan bakar. Rasanya bukan main apabila di santap kala hangat, pasti kamu inginkan malah lagi.

Fasilitas Wisata yang Tersedia

Berbicara tentang sarana wisata yang ada di Gunung Colo, bisa saja tidak bisa dibilang memadai. Bahkan tidak ada pos pendakian formal seperti di gunung-gunung pada umumnya.

Meski begitu, Pulau Una-Una punya sarana dan prasarana yang lengkap untuk mendukung bermacam keperluan anda. Di kaki gunung kamu bisa menemukan semua yang kamu butuhkan sepanjang wisata.

Warung makan hingga penginapan, tidak susah untuk menemukannya. Jadi jangan risau apabila kamu mesti bermalam di pulau sesudah turun dari gunung, tidak mesti tergesa-gesa lagi menyeberang ke Wakai apalagi ke Palu.

Ingin menggunakan kala liburan dengan mendaki gunung? Gunung Colo yang ada di Sulawesi Tengah dapat kamu pertimbangkan.

Gunung ini tidak seberapa tinggi supaya sesuai untuk pemula. Berada di kawasan taman nasional membuat kamu dapat menemukan banyak perihal menarik jika singgah kemari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *